Wednesday, February 14, 2007

tktq[dot]net

hatetepe://wewewe[dot]tekateqi[dot]net
kurang lebih begitu dibacanya, website teka-teki itu udah banyak menyita? waktu gw 2 hari belakangan *baru lepel 28 neh :((* dan parahnya "virus" ini cepet banget nyebarnya di ruangan kantor gw huahahaha parah banget, hehe gak juga si, gak parah² banget, banyak manfaatnya juga permainan onlen kaya gitu, sampe sekarang si kalo mo dijabarin ada beberapa manfaat yang udah gw nikmatin, mulai dari jadi lebih bisa teliti terhadap suatu hal, intuisi kepake, otak bener² diputer, sampe² dapet pelajaran baru.

Nah yang ini nih yang gw demen (pelajaran baru-sgt), Vigenère Encryption huehehe, sebenernya enkripsi ini simpel banget, kalo mo nyari chipertext-nya cuma ngebuat keyword untuk plaintext-nya abis itu dimasukkin deh ke vigenère table, buat nge-decrypt-nya tinggal cocokin chipertext sama keywordnya di vigenère table tadi, simple kan?, nah dari situ gw tertarik buat ngebuat encryptor plus decryptor-nya pake PHP *bukan pesonya Filipina loh :P*, waktu gw googling nemu begini :

Breaking the Vigenère Cipher is usually done in two steps:

  1. Finding the length of the key
  2. Finding the characters in the key
Nah, yang pertama udah bisa, sekarang tinggal yang kedua nih, sempet mikir pake array 2 dimensi si, tapi menurut gw itu kebanyakan musti dimasukkin satu² isi dari vigenère tablenya*iya apa? huehehe*, tadi si udah sempet² nanya mas Soleh, disaranin make array 2 dimensi tadi *hmm... boljug lah, namanya juga coba², nanti kalo niat develop baru "dipangkas" baris kodenya =))*. Maklum masih newbz hehe, ada yang mau kasih saran?, dengan lapang dada diterima :D, atau ada yang mau brainstorming?, hayu lah hehe, Insya Allah kalo dah kelar viencdector*sebutan buat encryptor-decryptor vigenère :D* gw posting n bahas kodenya perbaris, Insya Allah.

4 comments:

Anonymous said...

teruskan usahamu nak...
keep fighting till the end...

hdytsgt said...

hehe, thanx ya mas :)

Anonymous said...

good luck deh dengan tktqnya ^_^

hdytsgt said...

wekekeke udah gak mainan lagi mas *nyadar kalo kerjaan kantor terbengkalai* wekekeke....