Thursday, January 18, 2007

Kita Lebih Baik Dari Mereka

Waktu menunjukkan pukul 21:15 wib, badan gw rasanya lemes banget *huaa… tim kesayangan gw kalah :((*, gw baru aja selesai nonton pertandingan Indonesia vs Singapura, di pertandingan ini Indonesia harus menang kalau mau masuk ke babak semifinal, hmm… tapi kenyataan seri harus kita terima di pertandingan ini dan itu berarti kita gak masuk ke babak selanjutnya karena Vietnam yang satu grup dengan kita berhasil menang atas Laos, gw blum tau hasil akhirnya berapa, yang jelas Vietnam berhasil ngebuat gol lebih dari 3, kita sebenernya punya nilai yang sama dengan Singapura dan Vietnam *5 poin* tapi kita tetap kalah di selisih gol, yasud kita tersingkir.

Kalo ngomongin soal permainan sejak pertandingan pertama melawan Laos, abang² kita cukup maen bagus, apalagi tadi, mereka sangat tenang memainkan tempo permainan *padahal pada awal² pertandingan mereka mendapat tekanan yang cukup sporadis dari Singapura*, passing 1-2 yang akurat yang bisa dibilang eye catching, tendangan² jarak jauh yang kencang dan tepat sasaran sampe umpan lambung yang dilepas dari sayap kanan atau kiri, sangat indah kalo menurut gw, dan menurut gw lagi nih, timnas kita udah ada kemajuan dari skill individu maupun kekompakan tim, lantas kenapa kita masih kalah?, hmm… cukup repot kalo ngejawab pertanyaan yang satu ini kalo nyalahin dewi fortuna, beberapa kesalahan, kita yang ngelakuin, kalo nyalahin pemain, gak bisa juga, wong permainan pemain kita cukup taktis, bagus dan stabil dari awal sampe akhir pertandingan, yah wallahuallam deh…

Mengenai pertandingan yang tadi, yang baru aja selesai, jujur gw bangga banget sama abang² gw yang tadi maen, 4 jempol deh buat mereka :), permainan tadi sangat menarik, bagus…bagus banget, skill pemain kita bisa dibilang diatas pemain Singapura *yang katanya juara bertahan*, 2 gol yang tercipta oleh Singapura menurut gw bukan karena serangan menawan yang mereka buat tapi karena kesalahan pemain kita, beda dengan 2 gol yang tercipta untuk kita, keduanya merupakan hasil kerja keras yang manis bahkan golnya bang Zaenal Arief itu bisa dibilang gol cantik, gimana engga wong bola lambung yang liar bisa dia jinakkan dengan satu sentuhan dada dan satu cok kaki yang menghasilkan tendangan yang indah :). Ball possession kita juga yang menang, padahal diatas kertas Singapura jauh lebih unggul dari kita, gimana engga wong ada 2 pemain asing yang udah dinaturalisasi main, beberapa pemain mereka postur tubuhnya jauh lebih tinggi dari pemain kita, udah gitu mereka tuan rumah lagi, gimana?, pulangin aja tuh Bennett ke Inggris wong adu sprint sama Atep aja kalah =))

Hmm… mungkin ada yang berpendapat kalau gw terlalu berlebihan menilai permainan timnas kita, tapi gw rasa enggak koq, emang itu faktanya, timnas kita main bagus dan beberapa kemajuan juga udah dicapai seperti yang gw singgung diatas, malah gw mau nanya sama mereka yang masih melihat timnas kita dengan sebelah mata atau bahkan dengan pandangan sinis, “Apa kalian udah bener² mantau kemajuan timnas kita atau bahkan ngeliat langsung *di tv minimal* gimana permainan timnas kita dari tahun ke tahun sampe² bisa ngasih komentar miring?”, “Bisa gak menghargai kerja keras mereka sediki…t aja?”, “Ngebandinginnya sama timnas apa si? Brazil, Spanyol atau bahkan Prancis? huh, kelaut aja lo :P”, sayup² terdengar pertanyaan klasik “Bagaimana dengan Ligina yang pemainnya masih sering adu jotos?”, hmm… Ligina ya? Gw juga kurang begitu suka si soalnya terlalu banyak pemain asing *gw gak suka*, kebanyakan adu jotospun timbul karena ulah beberapa pemain asing, gak percaya? Tonton sendiri dan perhatiin deh…, hmm… walau Ligina gw gak terlalu suka, tapi mencintai timnas ‘Merah Putih’ harga mati buat gw =)), sounds nationalist, eh? =))

Dan terakhir, paragraf ini gw persembahin buat abang² gw yang barusan selesai main, maju terus persepakbolaan Indonesia!!, shoutz to Erol FX Iba, Atep, Mahyadi Panggabean, Ponaryo Astaman, Zaenal Arief, Ilham Jaya Kesuma, Eka Ramdani, Ismed Sofyan, Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, Richardo Salampessy, Firmansyah, Hendro Kartiko dan Agus Indra. Spesial shoutz buat bang Erol btw ajarin gw ngedribel bola dunk :D, and anw darahmu yang tadi semerah semangatmu :). Wallahuallam.

15 comments:

Unknown said...

Weqs... Ni satu2 nya bahasan yang gw kurang ngerti di banding postingan laen :D **Berhubung gw kurang suka ma bola kali yah**.
Dayat care juga yah, ma Indonesia :P.

hdytsgt said...

hehehe, Nasionalis dikit gpp kan va? :D

Anonymous said...

Hehehehe

Emang bagus tuh mainnya pemain2 kita,gw rasa si withe jangan diganti dulu ,wong pas dilatih dia gw ngeliat perkembangan permainan timnas Indonesia bagus banget, siapa nyangka atep bisa maen bagus kaya gitu,sebelumnya juga si withe nemuin boaz,pemain2 bertahan kita di pertandingan ini juga bagus banget ,memang ada beberapa kesalahan ,namanya juga manusia :D , jadi pertahanin tuh withe ,soal naturalisasi gw gak setuju ,toh pemain2 kita gak kalah sama pemain yg isu nya mo di naturalisasi ,malah lebih bagus menurut gw :D . Hmm soal singapura ,menurut gw maennya jelek banget .. gak menampilkan bahwa mereka itu juara bertahan .

Jadi .. maju terus Indonesia ..

hdytsgt said...

Hehehe... bener banget bang, PSSI mudah2an gak kaya anak kecil 'salah dikit pecat', jadi sisa kurang lebih 6 bulan piala asia nanti bisa dimanfaatin buat lebih ngasah skill lagi. Hmm.. mengenai striker Tony Sucipto 'n Budi Sudarsono kayanya cocok tuh :D

Gw juga gak setuju bang sama naturalisasi, kaya gak pd banget, gak percaya sama kemampuan anak bangsa sendiri, n Singapura seharusnya malu tuh, udah ada pemain hasil naturalisasi masih begitu aja maennya gak nunjukkin banget kalo mereka juara bertahan :D

Salut buat timnas kita, cheers angkat gelas kita bersulang!! :D

Anonymous said...

Ulasan lo bagus juga yat.... lo punya skill writing yang bagus, kenapa lo ngak coba ngebuat tutorial-tutorial yang bagus dengan bahasa lo sendiri... itung2 nyumbang buat perkembangan indonesia di bidang IT......
kalo masalah bola... dari dulu selalu ada 2 sudut pandang yang berbeda... ada yang cuma ngeliat dari hasil tanpa melihat prosesnya.... ada juga yang ngeliat prosesnya dengan menerima semua hasilnya.... semua punya hak untuk mengungkapkan pendapatnya walaupun tanpa di dasari pengetahuan yang cukup..... gw baca tulisan lo ma baca berita dari detik pagi ini gw liat dua sudut yang bener2 beda, di detik memandang dari hasilnya... dia bilang kita udah puasa gelar dari tahun 91... dan tahun ini kita udah mundur selangkah karena 3 tahun piala tiger kemaren kita runner-up... isu yang diangkat juga masalah pergantian pelatih... ngak ngebahas sama sekali perkembangan permainan tim merah putih kayak lo yat....

keep Writing dan basmi pembodohan dengan tulisan loo yat.....
jadi " GIE " di dunia maya... yang ngak larut ma arus perubahan... tapi membuat perubahan....

pesan pribadi gw : " i-lance mo gimana? Komitmen kita Gimana? "

hdytsgt said...

pengennya gitu mas, gak kesampean mulu tapi giliran ngeblog kesampean mulu :">

tau tuh mas, detik aneh padahal kan dia media yang cukup berpengaruh kalo ulasannya mojokin timnas mulu bisa2 pola pikir pembaca berubah bahkan meng-iya-kan apa kata redaksi detik.

Hehehe... amin, mudah2an masih dikasih kekuatan sama Allah buat terus menulis kebenaran :)

jawaban pribadi gw : lanjuut mas, kemaren minggu itu kejadian yang tidak diduga tidak dinyana :D, jadi gak berpengaruh sama sekali sama niat awal kita :), terus maju!! semangat!!

Anonymous said...

tetep aja yat, buat gw cuma ada 2 pilihan, kalo ga kalah ya menang...
nyatanya tim kita ......

hdytsgt said...

nyatanya tim kita seri :P
dan main bagus, jadi kita gak masuk ke final dengan cara terhormat bang :D

isha azhar said...

wahh kyanya seru niyh topiknya..
gabung ah..

gw nonton tuh pertandingan dari awal sampe khatam..
tp syngnya malah ga lolos cuman gara" selisih gol..
coba maennya kya di liga itali, klo ad tim yg pointnya sama trus diadu lagi..
masa menang cuman gr" selisih gol..
coba klo indonesia lawan LAOSnya pas pertandingan terakhir..
jgnkan 11-0 kya lwn singapura / 9-0 kya lawan vietnam..
gw jamin 20-0 tuh LAOS dibantai dibikin kya bumbu penyedap masakan, tnggal ditambahin temu kunci, sereh sm daon salam bila perlu..
hahaha..

itu juga klo gw nyang maen gantiin si mahyadi klo ngga si atep..
gw gocek pake jurusnya Cristiano Ronaldo dari lapangan tengah smpe depan, melewati 2 pemain, 3 bahkan 4 pemain sekaligus, lolos terjangan tekelan maut dari benett bahkan precious juga aide iskandar, lngsung berhadapan dengan lionel lewis tepat di muka gawang..

dan..

ouuuhh ternyata ada yg bangunin gw tidur..
ternyata cuma bunga tidur sodara-sodara..

hihihi..

Anonymous said...

It's just a game yat...
harus ada yg menang dan kalah.
klo org2 ngeliat kesalahan ada di withe, gw ngeliat kesalahan ada di pssi. mereka ga pernah mau tanggung jawab, padahal jadwal yg mereka kasih untuk timnas latihan selalu pendek, beda sama timnas negara lain. dah gitu pelatih biasanya ga dikasih kebebasan 100% untuk mengapresiasikan kemampuan melatih mereka ke timnas, biasanya ada aja pemain titipan lah, formasi titipan lah. yang gw masih heran, kenapa pssi masih menerapkan formasi baku nasional(3-5-2), padahal klo mereka ngasih kebebasan ke pelatih2, mgkn kemajuan timnas akan lbh cepat, seharusnya emang pemain yg menentukan formasi, bukan formasi yg menentukan pemain.
gw setuju smlm timnas maen bgs bgt, tinggal dikasih pengalaman internasional lbh banyak.
Keep fighting TimNas...

hdytsgt said...

to letterbomm :
eh iya ya benul juga lo sa, coba pertandingan terakhir itu lawan Laos kemungkinan besar semangat dan kepercayaan diri para pemain mencuat tinggi.

udah...udah... bangun sa, buruan daftar jadi striker timnas :P

to null-p0inter :
bener...bener mas, kalo mau maju jangan cuma bisa nyalahin 1 pihak aja, semua pihak musti intropeksi diri, entah itu pemain, pelatih atau official semuanya musti bebenah, musti saling mendukung bukan saling menginjak, sama2 bangun untuk kemajuan... cheers... angkat gelas kita bersulang!!

isha azhar said...

lah klo mo jadi striker timnas mah mesti maen di klub dulu..

tp gw g suka maen di ligina..
buset yg maen dari mulai preman pasar, centeng, tukang pukul, debt collector smua"nya dah..

hehehehe..

mkanya gw g mo maen di ligina, klo di liga inggris gpp deh..
apalagi klo MU mo ngontrak gw jadi pemaen, gw terima..
rugi-rugi deh, itung-itung ketipu gw..

hahahaha..



angkat gelas dulu ah *prank*
jgn kekencengan dunk adu gelasnya, pecah deh :P

hdytsgt said...

dasar penjahat :P, ada juga MU yang rugi ngontrak elo :P

trink... weks... koq rasanya gak enak nih?, elo tadi nuang apa sa? bir apa kopi tubruk =))

mo3lyana said...

gw setuju ma lu yat....
mang persepakbolaan lokal kita masih dudul bgt... taapii gw acungin jempol buat timnas kita yang dah banyak kemajuan...
tinggal gimana caranya memajukan persepakbolaan lokal deh...
tul ga??
klo persepak bolaan indonesia semakin maju kaya gini bisa2 ikut piala dunia 2010 nih(amien...), pokonya TETAP SEMANGAT BANGSA INDONESIA..... MAJU TERUS PANTANG MUNDUR... LIBA SEMUA MUSUH@MU....
:D

hdytsgt said...

amin... :)