Wednesday, April 25, 2007

Benci? Ayo Ambil Keuntungan

“Mo, boleh minta tolong gak?”
“Pastilah, masih kaku aja, minta tolong paan mangnya?”
“Lu bilang lu abis gajian ya?, gini, nyokap gw sakit gw udah bawa ke poliklinik tapi gw gak bisa nebus obatnya duit gw kurang, nah gw mo minjem barang cepe ceng dulu donk, tapi gw gak bisa ganti bulan ini, insya Allah bulan depan gw ganti, lu ada kan?”
“Emm… hmm… emm…”
Gimana Mo bisa kan?”
“Emm… gimana ya?”
Bisakan Mo??”
(Tiba-tiba teman Momo yang gak begitu gw kenal lewat n langsung ngajak dia maen bola)
“Jadi gimana Mo?”
“Mi gw cabut duluan ya, sory gw ada urusan”
“Mo trus gimana nih? Gw minjem duit dulu sama lu”
“Duluan ya Mi, bye”

Jleb, langsung ke hati cuy sakit banget rasanya, ini kali ke 3 gw dapet perlakuan kaya begitu dari dia, gak abis pikir gw, orang yang udah gw kagumin setiap saat atas omongan-omongannya tentang solidaritas, yang udah gw jadiin panutan setiap waktu, yang tiap hari ngingetin gw tentang pentingnya persahabatan, ternyata mengkhianatin apa yang udah dia ucapin setiap hari. Setiap hari dia yang selalu bilang ke gw klo solidaritas itu penting banget bagi persahabatan kita berdua, setiap dia butuh sesuatu gw selalu ada disamping dia buat nolong dia, tapi apa yang udah dia lakuin ke gw?, mana balesannya ke gw? kemana omongan2 dia tentang solidaritas? Tentang persahabatan? Terbang bersama tiupan anginkah? Atau udah masuk sistem pencernaan bersama air liurnya? Sial, sakit ati gw, benci... benci… pokoknya benci titik.

Et…et… udah, udah, cerita si Momo n Samiun diatas udah abis, gimana? Ikutan sebel, benci, kesel n rasanya mo nonjok si Momo kaya si Samiun? Atau malah mau mendiskreditkan si Momo sebagai orang yang munafik atau bahkan penjahat tulen?, hmm… terlepas dari persepsi ataupun reaksi negatif dari masing-masing pembaca tentang contoh kasus diatas, ada satu pertanyaan yang seharusnya timbul setelah kita ngalamin atau minimal ngedenger tentang kejadian seperti contoh kasus diatas, secara, tipikal kejadian seperti itu sering terjadi disekeliling atau bahkan di kehidupan kita sehari-hari.

“Hal positif apa yang kita bisa ambil dari kejadian diatas?”, yup kurang lebih pertanyaan seperti itu yang musti kita jawab setelah kita ngalamin atau ngedenger contoh kasus seperti diatas, ya… minimal untuk ngebuat hati tenanglah. “Pelajaran gratis”, yap satu keuntungan besar yang dapat kita ambil dari contoh kasus seperti diatas, liat bagaimana si Momo telah mengajari kita betapa sulitnya konsisten atas apa yang telah dia ucapkan, bagaimana si Momo telah memberitahu kita betapa pahitnya dikibulin, betapa gak enaknya disebut sebagai orang munafik dan masih banyak lagi. If we hate it why we still do it?, yap si Momo udah sukses dan susah payah nempatin dirinya sebagai life sample, lantas kenapa kita nggak berterima kasih kepadanya dengan tidak melakukan tindakan kurang baik yang telah Momo contohkan kepada kita?. Tidakkah tindakan Momo juga bisa menjadi sindiran atau teguran kepada kita bahwa if you hate it never do it!.

Belakangan pikiran gw terusik sama tindakan-tindakan amoral dari para pemimpin bangsa (eksekutif, legislatif maupun yudikatif), aseli gw gak suka banget sama tindakan mereka, sebagai pemimpin bangsa mereka gak pantas berperilaku amoral seperti yang telah mereka lakukan, tapi setelah dipikir-pikir lagi, kenapa gw harus musingin keburukan orang lain ya, toh gak ada untungnya buat gw, sedangkan gw sendiri? Hmm… masih suka berperilaku seperti mereka ternyata, gw frontal klo nentang apa yang namanya korupsi, tapi gw sendiri terkadang masih suka make telpon kantor buat urusan pribadi, huff (astaghfirullah).

Be better than them. If I hate them I don’t want to be them, paling enggak itu jawaban dari hati gw, ya… setidaknya tindakan mereka bisa jadi bahan ‘sentilan’ buat diri gw pribadi atau bahkan satu pelajaran hidup bahwa “ini yang gw lakuin salah loh, jadi jangan diikutin”, mungkin contoh kasus andai suatu waktu ketika gw mau ngelakuin tindakan yang seharusnya gak gw lakuin n kebetulan gw benci karena tindakan tersebut juga dilakuin sama orang yang seharusnya gak ngelakuin itu (muter2 mode : on :P), gw gak jadi ngelakuinnya karena I don’t want to be them. Yah mudah-mudahan aja konsepsi kecil2an kaya begini bisa terlaksana n bisa bermanfaat amin…, hayu hayu introspeksi diri. Wallahuallam.

8 comments:

Unknown said...

Hee... Sulit yat kasih komen ke lo akhir2 ni :D. Walo di beberapa postingan lo gw ga ninggalin jejak, tetep jadi pembaca setia blog lo nih :D.
Rasa2nya pemikiran lo makin harinya makin beda. Mulai matang kali yah...
Yaa, moga aja lo juga jadi se-dewasa postingan2 lo.

sorcerershell said...

yat, bilang ama miun... klo mo minjem duit ama gw aja daripada ama momo,,, gw kasih koq,,, tapi seadanya yak.... ^^

hdytsgt said...

to eva :
wah asyik gw punya pembaca setia =D
wah beda dimananya va?, amin...amin... doain ya va, makasih ;)

to sorcerershell :
udah gw bilangin beh tapi denger2 elu punya profesi baru yah, rentenir =D

Anonymous said...

Kalo mo minjem duwit mah, minjem ajah ke bank .. pasti dikasi dech asal ada agunan yg jelas ajah ..

xi .. xi .. xi .. :D

Anonymous said...

setuju...
gw jg punya contoh kasus yat..
klo ga bs dtg hr minggu, jgn bikin komitmen ketemuan hr minggu... =))

hdytsgt said...

to co' cute :
=D

to null-p0int3r :
hihi bener banget tuh mas *meringis sambil merah mukanya* =D

Anonymous said...

Ya...
yang pertama emang masalah megang komitmen...
kemudian karena terlanjur mengucapkan komitmen jadi setengah-setengah jalaninnya...... karena ada komitmen lain yang lebih jadi prioritas..... (maklum manusia cari aman sendiri)

If we hate it why we still do it?, atau ngelakuin sesuatu karena ngak enak ma sesuatu.....

tapi dalam komitmen itu yang penting itu KEMAUAN ma KEMAMPUAN...
Kalo cuma mau Komitmen tapi ngak mampu ngejalanin yang percuma... atau mampu tapi ngak punya kemaluan... rev: "kemauan" :D

:P sebenarnya ini ngomongin apaan sich :p

NB: "maaf ya kalo ada yang kesinggung.. karena kata2 ini buat yang namanya mamun doank...."

hdytsgt said...

to not_null :
Yup setuju.

Tentang If we hate it why we still do it? niat gw itu lebih cenderung mau 'nyentil' sifat manusia(termasuk gw) yang gak baik yang namanya munafik, ngomel2 masalah korupsi tapi sendirinya korupsi. Poinnya kurang lebih itu. Wallahuallam.