Friday, April 27, 2007

Kesimpulan...

Semalem sekitar jam 1/2 12an baru selesai baca buku terakhir dari 3 buku yang gw beli secara online, buku²nya :

- Holocaust Industry.
- Soe Hok Gie, Perjuangan Intelektual Muda Melawan Tirani
- Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan.
Plus inget sama 2 buku lain :
- Dibawah Lentera Merah.
- Sang Pejuang Pemberontak.
Gw mencoba ambil kesimpulan dari ketiga buku tersebut plus ingetan gw sama 2 buku lain yang udah disebut diatas, kurang lebih seperti ini :
Kemungkinan semakin ke "kiri" semakin besar apabila tendensi sosialis kebawah semakin besar namun tidak tersalurkan, kekecewaan kolektif terhadap kaum "kanan", frustasi kepercayaan ditambah kurang luasnya pemahaman tentang konsepsi Islam yang kaffah.
Jadi, menurut gw lagi, buat pemuda² yang punya semangat juang tinggi(radikal mungkin?), kejujuran yang dalam, intelektualitas yang luas, idealisme yang kokoh, yang gak sabaran ngeliat perubahan(revolusioner mungkin?) n yang nda mau semakin ke "kiri" ada baiknya menyalurkan kemampuan organisasinya ke organisasi² masyarakat dalam arti yang luas(yang terpenting perlunya selektif, kritis, gak taqlid buta(gak dogmatis mungkin?) n gak apatis terhadap organisasi² yang mau dipilih (lebih sabar mungkin?)), selain untuk menyalurkan kemampuan n bakat juga untuk memberikan kontribusi buat pembangunan bangsa ini. CMIIW. Wallahuallam.

No comments: